Fare Adjusment – Penyelaras Tarif Perjalanan KRL

Fare Adjusment – Penyelaras Tarif Perjalanan KRL

Mulai tanggal 8 Januari 2018, PT KCI (KAI Commuterline Indonesia) memberlakukan aturan fare adjustment atau penyelaras tarif, ini merupakan kabar gembira untuk kita sebagai pengguna jasa kereta KRL Commuterline Jabodetabek, karena dengan aturan sistem baru ini, pinalti kekurangan saldo untuk pengguna Kartu Multi Trip (KMT), dan juga suplisi apabila turun lebih jauh dari stasiun tujuan beli tiket untuk pengguna kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) dihilangkan.

Dengan ditetapkannya fare adjusment ini, maka saldo minimum kartu KMT juga berubah, awalnya sebelum diberlakukan sistem fare adjusment, saldo minimum KMT sebelum tap out adalah Rp. 13.000,- (Tiga Belas Ribu Rupiah) kini setelah diberlakukan sistem Fare Adjusment, saldo minimum pengguna KMT sebelum tap out adalah Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah)

Penumpang yang saldonya tidak mencukupi untuk melakukan gate out di stasiun tujuan (kurang saldo / turun lebih jauh dari tujuan tiket), bisa langsung mencari Vending Machine Fare Adusment untuk menambah saldo kartu agar tarif selaras, dan bisa keluar di stasiun tersebut.

Tata Cara Penggunaan Sistem Penyelaras Tarif

Bagi pengguna KMT:

  • Penumpang tiba di stasiun dan melakukan Gate Out, jika saldo tidak mencukupi, penumpang tidak dapat keluar.
  • Segera cari vending machine fare adjsment untuk menyelaraskan kekurangan saldonya
  • Lakukan top-up saldo sesuai nominal yang dikehendaki hingga saldo KMT mencukupi untuk membayar tarif perjalan. Vending Machine Fare Adjusment tidak mengeluarkan uang kembalian
  • Silakan tap-out dan keluar stasiun tanpa dikenakan pinalti.

Bagi Pengguna THB

  • Penumpang tiba di stasiun dan melakukan Gate Out, jika tarif perjalanan melebihi isi THB, maka penumpang tidak bisa keluar.
  • Segera cari vending machine fare adjsment untuk menyelaraskan kekurangan tarif perjalannya.
  • Lakukan penyelarasan tarif sesuai kekurangan tarif perjalanan, masukan uang tunai. Vending Machine Fare Adjusment tidak mengeluarkan uang kembalian
  • Silakan tap-out dan keluar stasiun tanpa dikenakan pinalti.

Apabila di stasiun akhir tujuan anda belum tersedia mesin fare adjusment, maka anda bisa menghubungi petugas yang berjaga di gate stasiun tersebut.

dibawah ini ada viceo pendek, untuk anda yang masih bingung dengan penjelasan Kami diatas, anda bisa melihat video dibawah ini mengenai fare adjusment ini.

Aturan mengenai penyelaras tarif ini tidak berlaku bagi pembeli tiket THB Pulang Pergi. Jadi bagi anda yang ingin melakukan perjalanan pulang pergi menggunakan THB PP, sebaiknya pastikan benar-benar stasiun tujuan anda adalah stasiun awal anda untuk pulang lagi agar tidak terkena suplisi.

 

____ Deddy Sofyandi | Jalur Nambo ____


 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *