Memperingati 100 Tahun Stasiun manggarai

Memperingati 100 Tahun Stasiun manggarai

Pada tanggal 1 Mei 2018, dua rekan kami perwakilan dari Komunitas Jalur Nambo (Bangun Asmoro dan Kevin Ramdhani) menghadiri undangan acara peringatan 100 tahun stasiun Manggarai yang diselenggarakan oleh Komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS).

Acara ini dihadiri oleh banyak komunitas Kereta Api baik pengguna KRL Commuterline maupun Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), komunitas Jalur Nambo sangat beruntung bisa hadir ditengah-tengah acara peringatan 100 tahun stasiun manggarai, acara yang sangat berkesan ini.

Komunitas Yang Hadir alam Acara 100 Tahun Stasiun Manggarai

Acara ini diawali dengan sambutan dari Kepala Daerah Operasi (KADAOP) 1 Jakarta, Bapak Dadan. Beliau mengatakan “Stasiun Manggarai ini jantungnya perjalanan kereta, dari barat (Tanah Abang), Utara (Jakarta Kota), Timur (Bekasi), dan Selatan (Bogor) semua bertemu di sini, setiap hari kurang lebihnya ada 720 perjalanan kereta api yang lalu lalang di stasiun ini”.

Pak Dadan saat membuka acara dan potong tumpeng

Selanjutnya disampaikan juga sejarah mengenai Stasiun Manggarai oleh salah satu anggota IRPS, secara ringkas penjelasannya adalah :

“Stasiun Manggarai mulai dibangun pada Tahun 1914 oleh perusahaan Staatspoor en Tremwegen (SS), dan selesai dibangun pada tahun 1918, dan hari ini, Stasiun Manggarai sudah berusia 1 Abad atau 100 Tahun”.

Selanjutnya yaitu do’a bersama dan potong tumpeng oleh KADAOP 1, potongan tumpeng tersebut diberikan kepada Kepala Stasiun Besar Manggarai, Bapak Hendrik.

Kemudian acara yang terakhir yaitu melihat pameran foto yang berada di underpass Stasiun Manggarai, terdapapat foto Stasiun Manggarai dari zaman kolonial hingga zaman milenial saat ini.

Beberapa galeri foto yang dipamerkan dalam acara 100 tahun stasiun Manggarai

Acara selesai, namun sebelum bubar, kami dipanggil untuk masuk ke ruang kepala stasiun Manggarai untuk menyicipi hidangan tumpeng.

Terimakasih kami ucapkan kepada IRPS yang sudah mau mengundang kami untuk hadir dalam acara hari jadi 100 tahun stasiun Manggarai ini, semoga persaudaraan antar komunitas kereta api semakin terjalin erat dengan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua.

Salam hangat dari Jalur Nambo

 

Deddy Sofyandi – Admin Jalur Nambo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *