Menunggu Kereta dan Ditunggu Kereta

Menunggu Kereta dan Ditunggu Kereta

Di stasiun-stasiun kereta pada umumnya penumpang menunggu kereta datang, bagaimana kalau kereta yang menunggu penumpang naik? di stasiun yang ada di Jalur Nambo (Stasiun Cibinong & Stasiun Nambo) sering terjadi dimana penumpang bukan hanya menunggu kedatangan kereta yang lama karena jadwal yang sedikit, namun sering juga terlihat penumpang yang ditunggu kereta.

Penumpang yang ditunggu kereta terlihat berlari-lari ingin naik KRL

Foto diatas diambil pada tanggal 6 Januari 2018, KRL pemberangkatan dari stasiun Cibinong pukul 17.17, kereta tiba distasiun Cibinong pukul 17.16, saat kereta masuk stasiun, penumpang yang menunggu kereta di peron stasiun, langsung naik. diluar, di halaman stasiun terlihat ada beberapa rombongan penumpang yang terlihat berlari-lari meminta ditunggu kereta, ada juga tukang ojeg yang langsung memacu motornya dengan cepat agar cepat sampai ke tangga stasiun Cibinong dan penumpang yang dibawanya tidak tertinggal.

PKD (Petugas Keamanan Dalam) stasiun sangat sigap, mereka sudah tau apa yang harus mereka lakukan agar semua penumpang yang masih berlarian mengejer naik kereta bisa terbawa semua, karena jika sampai tertinggal kereta, menunggu kereta berikutnya bisa 1 – 2 jam lagi.

Petugas PKD membentuk formasi untuk memantau penumpang yang masih diluar area stasiun, ada yang berdiri diperon stasiun paling depan (kalau di stasiun Cibinong, dari peron depan terlihat jelas penumpang yang minta ditunggu kereta dari luar stasiun) agr mudah berkomunikasi dengan masinis kereta. Ada juga yang berdiri ditangga stasiun dekat gate masuk stasiun, di area tangga ini juga bisa melihat penumpang yang masih membeli tiket dan masih berlari-lari diluar. Semua PKD dan announcer stasiun saling berkoordinasi memastikan penumpang-penumpang sudah naik kereta semua dan tidak ada yang tertinggal. Tepat pukul 17.21 kereta baru diberangkatkan (ada toleransi 4 menit menunggu penumpang)

Memang, stasiun yang ada di Jalur Nambo ini sangat toleransi pada penumpang yang akan naik, mungkin karena jadwal yang masih sedikit, jadi kasihan jika ada yang sudah sampai area stasiun berlari-lari tapi malah ditinggal kereta. Tapi sebagai penumpang, sebaiknya kita menghargai jadwal yang sudah ditetapkan, karena keterlambatan kereta akan mempengaruhi perjalanan kereta lainnya. Apalagi setelah masuk stasiun Citayam, kereta Nambo akan berbagi penggunaan rel dengan kereta lainnya yang dari arah Bogor.

Perhatikan Jadwal Kereta

Dalam situs ini, ada jadwal KRL Nambo lengkap, bisa dilihat DISINI, jadwal ini masih berlaku sampai saat ini, karena belum ada perubahan. sebaiknya penumpang yang ingin menggunakan jasa layanan kereta api dari stasiun Nambo / Cibinong memperhatikan jadwal perjalanan kereta api ini dan usahakan 15 menit sebelum kereta masuk stasiun, penumpang sudah berada di area peron tunggu stasiun. agar keadaan ditunggu kereta bisa diminimalkan sehingga kereta kita bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

 

———- Deddy Sofyandi – Jalur Nambo ———-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *